Rabu, 13 Februari 2013

Pelajaran yang bisa diambil dari para pemusik K-Pop

Cara Bintang K-Pop Menjamu Penggemar



Apalah arti selebritas tanpa penggemar. Idiom itu disadari betul oleh para bintang K-Pop. Di panggung mereka rajin membuat fan service, di luar panggung, mereka pandai memelihara ikatan emosional antara idola dan pemujanya. 

"SNSD sangat perhatian terhadap fans-nya, bahkan ada lagu khusus berjudul My J yang diperuntukkan untuk para fans (SONE)," tulis Muhammad Hakim, project admiin @soneid, Akun penggemar SNSD Indonesia, dalam surat elektronik, Rabu, 28 November 2012.

Pria berusia 28 tahun ini menuturkan, Taeyeon, Jessica Jung, Sunny, Tiffany, Hyoyeon,Yuri, Sooyoung, YoonA, dan Seohyun, acap merespons penggemar meski tidak secara langsung. Seperti saban tahun baru, Natal, atau perayaan hari besar lainnya, sembilan dara ini memberikan ucapan selamat di laman resmi mereka. "Bahkan terkadang secara tiba-tiba, mereka muncul di dalam chat box website fanbase internasional," kata Hakim.

Ucapan kebanggaan terhadap penggemar juga diungkapkan personel Super Junior. Rupanya, 13 pria berkulit semulus pualam itu selalu menanggapi segala hadiah dan perhatian para Ever Lasting Friend dari seluruh dunia dengan merespons di media sosial. "Pernah juga salah satu personel Super Junior membelikan es krim untuk semua penggemar yang hadir dalam pertunjukan musik K-pop," tulis Putri Mayastuti, media relation akun @forsujuindo.

Leeteuk, Heechul, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Siwon, Donghae, Ryeowook,dan Kyuhyun, selalu berusaha membuat penggemar merasa dekat dan tidak pernah dilupakan. Contohnya, Putri melanjutkan, kegiatan-kegiatan seperti jumpa pengemar diadakan khusus di hari ulang tahun debut Super Junior. "Intinya Super Junior selalu memastikan bahwa fantahu mereka adalah bagian dari Super Junior dan bahwa mereka diperhatikan," ujar dia.

Kalau dari Bigbang, boys band ini rupanya tak suka kalau penggemarnya beralih jadi penguntit. "Bigbang terlihat menyukai apabila fans melakukan hal positif ketimbang mengikuti (stalking) mereka pada saat masa pribadi (off stage)," ujar Koordinator VIP Indonesia, Shamira. Contohnya adalah ketika VIP Korea membuat proyek khusus terhadap bocah penderita kanker dan mengundang pemimpin Bigbang, G-Dragon. G-Dragon pun datang dan bermain bersama bocah tersebut, sembari tak lupa mengucap terima kasih pada penggemar yang sudah mengorganisasi acara.

Wibowo Joko dari portal SONE ID Indonesia menuturkan, bintang K-Pop pandai membuat penggemar menghabiskan uang mereka tanpa terasa. Seperti misalnya membuat kartu bergambar personel yang berbeda-beda di album yang sama. "Jadi teman saya sengaja beli tiga album yang sama hanya untuk dapat kartu personel idolanya," kata dia. 

Untuk urusan ini, Wibowo mengatakan sudah agak mengeremnya. Dahulu Ia rajin mengkoleksi aneka pernak-pernik SNSD. Sekarang hanya album terbaru saja yang pasti dibeli pria berusia 23 tahun ini.

K-Poppers Kebanyakan Labil dan Galau


Laman Korean Update memberikan info terkini yang berhubungan dengan Korea, baik K-pop, drama, fesyen, makanan ataupun masing-masing personel K-pop idolHead admin-nya, Edwin Joo, berusaha selalu memberikan info yang terpercaya bagi K-poppers secara akurat dan cepat. Hal ini dilakukannya sejak 1 Maret 2011. 

Saking menguasai semua hal yang berbau Korea, Edwin mengklaim dirinya sebagai “sepuh” Korea di Indonesia. “Saya suka dengan Korea sejak sembilan tahun lalu, sejak drama Endless Love,” kata pria kelahiran 21 Desember 1987 ini.

Awal ketertarikannya dengan Korea muncul ketika menonton drama tersebut. “Bahasa Korea itu kedengarannya romantis, miri-mirip Jepang. Saya suka dari kebudayaannya, makanannya, orang-orangnya cantik, kaki lidi semua,” kata Edwin saat ditemui di Balai Kartini, 16 November 2012.

Memiliki laman serta Twitter yang selalu memberikan informasi ternyata tidak selalu enak. Edwin kewalahan harus menghadapi K-poppers labil dan galau. “Kalau salah sedikit penulisan nama, mereka langsung marah-marah. Kita langsung di-bully, masalah kecil dibesar-besarkan. Saya maklum itu fan baru, jadi seringnya enggak saya tanggapin. Saya sudah tahan mental,” kata Edwin.

Hal yang sama juga terjadi kepada admin Korean Wave Indonesia, Asiva dan Shellanovia. “Menghadapi K-poppers itu enggak enak. Salah sedikit saja jadi labil. Padahal cuma salah ketika nama, atau share soal K-poppers yang akan keluarin album. Kadang kesal juga, harus tahan mental,” kata mereka. 

Selain labil, kata Edwin, K-poppers di Indonesia belum setia pada fan base-nya. Penggemar Suju (Elf) bisa saja berpaling ke Bigbang atau 2 PM. “Fans K-pop di sini masih ada rasa penasaran dengan K-pop idol lain. Apakah boyband lain lebih baik lagu-lagunya atau penampilannya. Mereka masih pindah-pindah, misalnya Elf (penggemar Suju) juga suka sama Big Bang,” ujar Edwin.

Ini Dia Tipe K-Poppers  

Para penggemar dibagi beberapa tipe. Pembagian ini memang tidak resmi, hanya penggemar sendiri yang memberikan kategorinya. Di antara tipe penggemar yang paling terkenal adalah sasaeng fans. Bisa dibilang ini unstoppable fans yang tidak bisa dihentikan oleh siapa pun, termasuk K-pop idol itu sendiri.

Sasaeng ini akan mengikuti ke mana K-pop idol pergi dan selalu berusaha ada di dekatnya. Kelakuan Sasaeng ini bisa sampai membuat K-pop idol ketakutan. Seperti Kyuhyun Super Junior yang menceritakan pengalamannya lewat Immortal Songs. Penggemarnya ini selalu mengikutinya bahkan sampai di dalam pesawat sekalipun. Ngerinya lagi, sasaeng ini bisa duduk di samping Kyuhyun.
Sasaeng juga rela mendatangi asrama K-pop idol dan berteriak-teriak memanggil nama idolanya. Sampai orang-orang di sekitar asrama terganggu. Sasaeng juga mengikuti mobil idolanya di jalan raya hingga akhirnya sampai kejar-kejaran.

Penggemar tipe sasaeng ini menjadi fenomena di Korea. Kategori penggemar standar hanya membeli album dan menonton konser saja dan menjadi bagian satu fandom saja. Berbeda dengan di Indonesia yang menjadi anggota fandom lebih dari satu K-pop idol. Seperti bio di Twitter-nya I’m Elf, Sone, Shawol, dan Hottest. (Baca: K-Poppers Kebanyakan Labil dan Galau) 

Kisah Buruk 8 Selebritas K-pop dengan Penggemar

Delapan selebritas K-pop pernah punya pengalaman buruk dengan penggemarnya. Berikut adalah kisah mereka.

1. Choi Si Won anggota Boyband Super Junior
Siwon merasa sangat terganggu ketika Ssaeng fans-nya mencoba menghack akun twitternya. Setelah insiden itu, Siwon coba menenangkan emosinya dengan memposting kata-kata nasehat bagi para Ssaeng fansnya di twitter. "Cinta sebenarnya adalah ketika kamu mengerti seseorang dan memperdulikannya. Cinta bukanlah merusak privasi seseorang dan memata-matai mereka," kata Siwon. "Saya mohon, jangan hack akun saya lagi."

2. FT Island
Boyband yang terdiri dari lima orang ini memiliki pengalaman sangat tidak enak ketika harus menginap di sebuah asrama. Para Ssaeng fans mereka tiba-tiba mendobrak pintu asrama, mengambil salah satu barang pribadi mereka, dan ikut merusak pintu tetangga di asrama tempat mereka menginap.

3. Aktris Kim Yoo Jung
Pemeran Dong Yi muda ini dan Heo Yeon Woo muda dalam drama The Moon Embracing the Sunini memiliki pengalaman tidak enak saat masih bersekolah di sekolah dasar. Seorang Ssaeng fans mengaku pada gurunya sebagai orang tua Yoo Jung dan bermaksud menjemput Yoo Jung sepulang sekolah.

4. G-Dragon anggota Boyband Big Bang
Saat konser di Cina, salah satu Ssaeng fansnya menghentikan van yang ditumpangi G-Dragon di tengah jalan. Mereka memblok jalur kendaraan G-Dragon dengan menggunakan taksi. "Mereka menyetop kami hanya untuk mengambil gambar, setelah itu mereka membiarkan kami pergi," ujar G-Dragon.

5. Kim Dong Hwan anggota Boyband Shinwa
Personilnya Kim Dong Hwan pernah menemukan beberapa Ssaeng fans mereka menggunakan kamar mandi pribadi mereka ketika menginap di hotel. Saat itu, Kim Dong Hwan terpaksa menyemprotkan air dingin kepada mereka agar pergi dari kamar mandi.

6. Girl's Generations (SNSD)
Personilnya, Jessica pernah diikuti oleh orang tak dikenal hingga ke apartemennya. Begitu Jessica masuk ke apartemennya, lelaki itu masuk dan melewati prosedur keamanan apartemen. Jessica mengaku setelah turun dari taksi, langsung berlari menuju apartemennya untuk menghubungi petugas keamanan. "Saya mendengar langkah kaki yang cukup menakutkan, di depan pintu apartemen saya," ujarnya. "Saya yakin pria itu tinggal di kompleks apartemen saya, karena dia punya akses untuk masuk." 

7. Micky Yoochun
Aktor dalam drama The Rooftop Prince ini pernah ditampar oleh seorang Ssaeng fans. Tidak hanya itu, Ssaeng fans ini juga merusak tatanan rambut Yoochun. Kejadian itu terlihat dalam sebuah video yang diunggah di dunia maya. Menurut Ssaeng fansnya, hanya dengan cara itu Yoochun dapat mengingat dirinya.

8. Taecyeon anggota Boyband 2PM 
Salah satu Ssaeng fans perempuannya pernah mengirimkan Taecyeon pembalut kotor bekas pakai yang berisi darah haid. Paket pembalut kotor itu disertai sebuah surat. "OK Taecyeon, kamu tidak akan dapat hidup tanpa saya." 

Setelah muncul kegegeran publik dan di antara fans 2 PM sendiri, Ssaeng fans yang mengirimkan Taecyeon pembalut bekas pakai itu akhirnya meminta maaf melalui blog pribadinya. "Saya tidak mengira akan menjadi pusat perhatian sebesar ini, saya bukan Ssaeng fans, saya hanya terobesi," kata fans tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar