Senin, 02 September 2013

10 Terusan Terpanjang Sejagad Raya

Apa itu Terusan?

Terusan kapal atau umumnya disebut dengan terusan saja adalah kanal yang digunakan untuk mempercepat pelayaran kapal. Kanal itu sendiri merupakan saluran air buatan. Kanal terdiri dari dua macam, yaitu kanal yang hanya digunakan untuk mengarahkan dan mengalirkan air saja dan satunya adalah kanal yang merupakan jalur transportasi yang dapat dinavigasi, digunakan untuk angkutan barang dan orang, seringkali terhubung dengan sungai, laut dan danau. Tanpa melewati terusan, kapal harus berlayar mengelilingi daratan yang jauh jaraknya. Terusan dapat berupa sungai yang dimodifikasi atau kanal khusus yang dibangun dari awal untuk keperluan tersebut.

Syarat suatu kanal untuk dapat dipakai sebagai terusan adalah kanal tersebut harus memiliki kedalaman minimal 5 m (16,4 kaki. Tujuan dari terusan adalah: Sebagai jalan singkat dan menghindari rute pelayaran yang lebih jauh, sebagai jalan antara dua buah laut atau danau yang tertutup oleh daratan, sebagai sarana akses ke lautan bagi kota yang berada jauh di daratan
Baik itu kita sadari atau tidak ternyata terusan ini sangat berguna bagi dunia pelayaran. Bagaimana tidak, karena selain untuk jalur transportasi, terusan sangat berguna untuk menghemat waktu dan biaya dalam pelayaran sehingga jalur yang tadinya memutar suatu wilayah, sekarang kita bisa melewatinya dengan memotong wilayah tersebut. Dan inilah 10 terusan paling panjang di dunia. Dimulai yang paling pendek ke yang terpanjang, selamat membaca!
10. Terusan Saimaa
 Merupakan terusan yang menghubungkan danau Saimaa dengan Teluk Finlandia dekat Vyborg, Rusia sepanjang 42,9 kilometer. 
Terusan Saimaa ini didirikan dari tahun 1845 hingga 1856 dan dibuka pada tanggal 7 September 1856. Terusan ini diperluas pada tahun 1963–1968.

9. Terusan Welland
Terusan ini terletak di Kanada, dengan panjang mencapai 28 mil (45 km), dibuka pada 1931. Terusan Welland ini menghubungkan Laut Erie dengan Danau Ontario.

8. Terusan Manchester
Terusan ini terletak di Inggris, dengan panjang yang mencapai 35 mil (57 km), dibuka pada 1894. Terusan Manchester ini menghubungkan Manchester dengan Laut Irlandia

7. Terusan Panama
Merupakan terusan yang memotong tanah genting Panama sepanjang 82 kilometer, dan memotong Amerika Utara serta Amerika Selatan juga menghubungkan Samudra Pasifik dan Atlantik. Terusan Panama ini memotong waktu tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan Amerika Selatan.Rencana pembangunan terusan ini sudah mulai muncul pada tahun 1500-an namun baru dibuka pada 15 Agustus 1914. Walaupun pembangunannya dilanda berbagai masalah seperti penyakit malaria, demam kuning, bencana tanah longsor, dan kekurangan air, terusan ini telah membantu 800.000 kapal menyeberang sejak pembukaannya atau 12.000 kapal per tahun.

6. Terusan Alphonse XIII
Terusan ini terletak di Spanyol, dengan panjangnya yang mencapai 53 mil (85 km), dibuka pada 1926. Terusan Alphonse XIII ini menghubungkan Sevilla dan Teluk Cadiz.

5. Terusan Houston
Terusan ini terletak di Amerika Serikat, dengan panjangnya yang mencapai 56 mil (91 km). Terusan Houston ini menghubungkan Houston, Texas dengan Teluk Meksiko.

4. Terusan Kiel
Terusan ini adalah terusan sepanjang 98 kilometer di Schleswig-Holstein, Jerman, yang menghubungkan Laut Utara dengan Laut Baltik.Terusan Kiel memperpendek jarak sebesar 460 kilometer dan kapal-kapal tidak perlu memutar Semenanjung Jutlandia. Selain menghemat waktu, tentunya kapal juga dapat menghindari lautan yang sering dihantam badai.

3. Terusan Volga-Don
Terusan ini terletak di Rusia, dengan panjangnya yang mencapai 62 mil (100 km), dibuka pada 1952. Terusan Volga-Don ini menghubungkan Laut Hitam, Laut Azov dan Laut Kaspia.

2. Terusan Suez
Atau dengan bahasa lain Qanā al-Suways, terletak di sebelah barat Semenanjung Sinai, merupakan terusan kapal sepanjang 163 kilometer yang terletak di Mesir, menghubungkan Pelabuhan Said (Būr Sa'īd) di Laut Tengah dengan Suez (al-Suways) di Laut Merah. Terusan Suez dibuka tahun 1870 dan dibangun atas prakarsa insinyur Perancis yang bernama Ferdinand Vicomte de Lesseps.Terusan Suez ini mengizinkan transportasi air dari Eropa ke Asia tanpa mengelilingi Afrika. Sebelum adanya kanal ini, beberapa transportasi dilakukan dengan cara mengosongkan kapal dan membawa barang-barangnya lewat darat antara Laut Tengah dan Laut Merah. Terusan ini terdiri dari dua bagian, utara dan selatan Danau Great Bitter, menghubungkan Laut Tengah ke Teluk Suez

Dalam era Perang Dunia I Terusan Suez yang saat itu berada di bawah kekuasan Inggris, diserang oleh pasukan Jerman dan Turki Ottoman. Posisi Suez yang sangat strategis, yaitu menghubungkan Laut Mediterania dan Laut Merah, menjadikan terusan ini objek rebutan antara pasukan Sekutu dan Axis.

1. Terusan Laut Putih-Baltik
 
 Terusan ini terletak di Rusia, panjang 141 mil (227 km), dibuka pada 1933.Terusan Laut Putih-Baltik ini sebagian merupakan sungai yang dikonstruksi, kanal buatan dan danau. Selama pembangunannya, proyek ini telah menelan korban jiwa sebanyak 12.000 pekerja.

#Denger-denger kalo Indonesia juga mau bikin terusan loh...mau tau ? ini dia (baca dibawah yak)
Terusan Sulawesi

Terusan Sulawesi adalah rencana pembangunan sebuah terusan yang berada di pulau Sulawesi dengan bertujuan untuk menjadi jalur laut internasional yang ramai dan akan memperpendek jarak transportasi laut dari wilayah timur Pulau Sulawesi menuju wilayah barat Indonesia, serta ke Filipina dan Malaysia.

Enam pemerintah daerah di Sulawesi berencana membangun terusan khatulistiwa yang akan membelah Pulau Sulawesi. Terusan ini akan menghubungkan Teluk Tomini dengan Selat Makassar. Enam provinsi tersebut adalah Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara.

Terusan yang nantinya bakal dinamai Terusan Khatulistiwa akan memotong leher Pulau Sulawesi. Kelak Pulau Sulawesi bakal terbagi dua, karena dipisahkan oleh laut di terusan itu. Terusan Khatulistiwa ini bisa menjadi jalur laut internasional yang ramai dan akan memperpendek jarak transportasi laut dari wilayah timur Pulau Sulawesi menuju wilayah barat Indonesia, serta ke Filipina dan Malaysia.

Namun, setiap peristiwa pasti punya cerita kontroversi. Ada banyak protes ketika 6 Gubernur berencana membuat Terusan itu. Sekilas Terusan itu memang memberi kemajuan di bidang ekonomi, ada harga yang harus dibayar mahal. Yang sudah pasti adalah rusaknya ekosistem Sulawesi yang terkenal kaya akan keeneragaman hayati yang khas dan termasuk dalam Zona Wallacea.

Terusan ini akan merusak sistem arus laut dunia dan ekologi kawasan teluk Tomini dan Laut Sulawesi. Dan yang lebih gawat, bukan tidak mungkin dengan dibangunnya terusan ini, maka permukaan air laut akan naik karena pemanasan global. Dan bayangkan, Pulau Sulawesi mungkin akan cepat tenggelam dan hanya akan tinggal kenangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar