Rabu, 16 Januari 2013

Pembuatan Baju Bola Nike dari Botol Plastik + [Video]

Tahukah bahwa bahan untuk kostum yang dipakai beberapa pemain bola di Piala Eropa 2012 ini merupakan hasil daur ulang sampah? Ya, perusahaan Nike sebagai pembuat salah satu kostum olahraga pada ajang sepak bola ini berkomitmen untuk membuat kostum yang ramah lingkungan. Makanya, mereka berusaha memanfaatkan barang bekas untuk membuat kostum para pemain sepak bola dunia ini.
Barang bekas? Betul, ternyata kostum yang digunakan di Piala Eropa 2012 ini berasal dari plastik bekas botol minuman air mineral. Butuh sekitar 13 botol plastik untuk membuat sebuah kostum. Tentunya proses pembuatannya memerlukan teknologi tinggi.
Selain menyerap keringat, kostum ini bisa menguapkannya, sehingga kelembapan tubuh pemain sepak bola yang memakainya bisa berkurang. Kostum ini juga didesain memiliki lubang-lubang ventilasi laser-cut untuk membantu mengatur suhu tubuh pemain sepak bola sepanjang pertandingan. Pihak Nike mengklaim kostum yang mereka buat kali ini 23 persen lebih ringan dari seri Dri-Fit sebelumnya yang telah mereka pasarkan.
Nike pun berkomitmen untuk mengombinasikan dukungan terhadap performa atlet dengan mengurangi serendah mungkin dampak perusak lingkungan. Bahan-bahan kain yang digunakan untuk celana pendek seragam juga dibuat dari 100 persen polyester daur ulang.
Pada ajang Piala Eropa 2012 , Nike telah membuat kostum untuk beberapa timnas seperti Polandia, Prancis, Portugal, Belanda, dan Kroasia. Wah, jika semua perusahaan tidak hanya fokus mencari untung, tetapi juga memperhatikan faktor kelestarian lingkungan, bumi kita tercinta pasti akan lebih awet kita tempati..Nike melihat kemajuan sepakbola di benua Eropa mengajak Nike untuk terus menciptakan trobosan terbaru melalui apparel nya yang ramah lingkungan dan bersahabat yang di olah melalui proses teknologi yang sangat canggih. Terobosan besar yang dibuat oleh Nike kali ini adalah dengan pengembangan produk jersey Dri-Fit untuk para pemain sepakbola Eropa di Euro 2012 dengan fakta yang menunjukan setidaknya kaos bola terbaru keluaran Nike ini, 23% lebih ringan dari seri Dri-Fit sebelumnya telah dipasarkan ditahun 2010/2011!. Di Euro 2012 kemarin Nike telah merilis kaos bola terbaru yang ramah lingkungan untuk lima tim (Polandia, Perancis, Portugal, Belanda, dan Kroasia).
.Produksi kaos bola dari Nike ini tidak terlalu berbeda dengan proses manufaktur terdahulunya mereka tetap memproduksi kaos bola yang sangat ramah lingkungan dengan mengolah 8 botol plastik PVC daur ulang untuk menciptakan 1 kaos bola. Hal yang Nike lakukan ini menunjukkan bahwa teknologi tidak hanya maju dalam di dunia digital saja, namun juga membantu dalam dunia olahraga, yang menurut saya apa yang Nike telah lakukan sejauh ini kepada dunia olah raga sangat fantastis! Tak hanya itu, bagi lingkungan ini merupakan suatu keputusan yang tepat yang Nike ambil dalam ikut menjaga, merawat dan mencintai bumi kita ini.
  
Keunggulan Nike Dry-Fit
 1. Teknologi Dri-FIT pada jersey buatan Nike ini, dapat menjaga para pesepak bola agar tetap kering dan sejuk saat bermain

2. Jersey ini 15 persen lebih ringan daripada versi-versi terdahulunya jersey dengan teknologi Dri-FIT ini, merupakan kostum dengan model yang aerodinamis, lebih pas dengan badan dan atletis. Selain itu jersey ini dapat lebih meregang sebesar 17 persen dibandingkan kostum versi terdahulunya

3. Terdapat ratusan lubang pada bagian ketiak dan pinggan jersey, sehingga dapat menjaga dan mengatur suhu badan para pesepak bola

 "Nike":
 Creative Director Football Nike, Phil Dickinson menjelaskan bahwa Botol plastik terbuat dari bahan dasar polyethylene dan polypropylene. Dengan memanfaatkan teknologi penguraian kimia, mereka dapat mengubah bahan-bahan tersebut menjadi serat polyester untuk menciptakan baju bola plastik buatan Nike. Dia juga menambahkan bahwa baju bola dari plastik Nike ini tidak hanya dirancang untuk lebih nikmat dipandang, melainkan memberikan manfaat lebih untuk kinerja para pesepak bola dan juga sangat bersahabat dengan lingkungan karena dengan menerapkan teknologi seperti ini, Nike juga turut membantu bumi dari polusi limbah plastik yang tidak bisa diurai secara biologis di tanah.

Sudah menjadi sebuah keharusan untuk Nike untuk selalu berinovasi dengan produk apparelnya, seperti membuat baju bola plastik buatan Nike ini misalnya. Karena ini bagian paling penting dalam mengembangkan strategi dan mempertahankan pangsa pasar Nike di industri olahraga, khususnya sepak bola. Sampai dengan saat ini, Nike masih menduduki peringkat teratas dalam angka penjualan dan masih mengungguli pamor Adidas yang merupakan pesaing terberat Nike di industri olahraga.
  
"Tim-tim Eropa yang memakai Nike- Dry-Fit"
 Siapa saja sih tim-tim besar di eropa yang menggunakan baju bola pastik buatan Nike ini? Tim kesukaan kamu termasuk tidak? Barcelona, Manchester United, Juventus, Arsenal dan Inter Milan adalah tim besar eropa yang menggunakan teknologi canggih Nike ini

Lebih jelas nya silahkan tonton Video Pembuatan Baju Bola Nike dari Botol Plastik
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar